4 tips menggemukkan sapi secara cepat

4 tips menggemukkan sapi secara cepat

Mengupas nasihat bagaimana mempersiapkan penggemukan sapi secara cepat – Memang benar bahwa usaha penggemukan sapi memiliki potensi yang baik untuk perkembangannya. Karena kebutuhan daging khususnya daging sapi di masyarakat terus meningkat dari waktu ke waktu. Selain itu, pertambahan penduduk yang terus menerus, serta kesadaran umum akan konsumsi protein hewani, telah menyebabkan peningkatan permintaan daging.

Bisnis dengan menggemukkan sapi

Untuk bisa cepat menghasilkan daging sapi, pekerjaan dengan sistem penggemukan sapi ini adalah bisnis yang paling nyaman untuk Anda operasikan. Dari bisnis ini, tidak hanya daging sapi yang diproduksi. Namun dengan menggemukkan sapi juga bisa menghasilkan nilai tambah lainnya, antara lain jual beli kulit, isi perut, tulang, dan pupuk kandang. Dalam mengelola perdagangan ternak tentunya ingin mendapat untung. Untuk mengetahui seberapa sukses suatu bisnis melalui penggemukan ternak, berikut indikator pencapaian yang harus Anda ketahui.

Indikator keberhasilan usaha penggemukan sapi

Usaha penggemukan sapi pada dasarnya adalah usaha pemeliharaan sapi yang telah mencapai pubertas dan dilakukan secara intensif dengan menitikberatkan pada peningkatan bobot atau bobot ternak. Idealnya, usaha itu dikelola dengan penggemukan untuk jangka waktu 3 sampai 5 bulan.

Sehingga membutuhkan waktu yang lebih singkat dibandingkan metode pemeliharaan ternak lainnya. Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa “indikator utama keberhasilan usaha melalui penggemukan sapi adalah mencapai pertambahan bobot badan atau pertambahan bobot badan per ekor ternak per hari”. Semakin besar bobot yang didapat seekor sapi, maka semakin sukses perdagangan sapi yang dijalankannya.

Selengkapnya: Cara beternak sapi dengan metode Pranakan atau cara beternak

Saat mengelola proyek penggemukan ternak, ada beberapa hal penting yang harus Anda persiapkan. Tahapan tersebut antara lain: menyiapkan kandang sapi untuk sistem penggemukan, menyiapkan pakan yang sesuai, pembuatan ransum pakan, dan pemberantasan penyakit hewan yang menghambat proses penggemukan sapi.

4 Prinsip mempersiapkan metode penggemukan sapi

1. Kandang untuk penggemukan sapi

Anda dapat membuat tempat penyimpanan untuk sapi penggemukan secara individu atau kelompok. Fasilitas dalam pengaturan kandang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Membuat kandang tidak harus mahal, cukup taruh di tas yang kamu punya.

Aturan praktis dalam membuat kandang usaha dengan cara menggemukkan sapi adalah kandang harus senyaman mungkin dan mudah dibersihkan. Menurut seorang praktisi peternakan, kandang yang ideal dibuat dengan ukuran 2,5 x 1,2m untuk satu ekor sapi.

Kasus sapi penggemukan
Cara menggemukkan sapi dengan menata lumbung – Foto: Beefcentral.com

Sedangkan untuk masalah bentuk kandang, Anda bisa melakukannya dengan cara ini dan usahakan agar kandang tidak terkena sinar matahari penuh, karena hal ini dapat mengakibatkan ternak menjadi terlalu panas. Ciptakan sistem drainase untuk membuang urine dan feses dengan baik, sehingga Anda bisa membersihkan lebih banyak lagi setiap hari. Lumbung yang bersih akan menjauhkan ternak dari penyakit.

2. Pilih untuk menggemukkan

Cara penggemukan sapi sangat dipengaruhi oleh penggunaan feeder yang tepat. Ada beberapa jenis sapi bakalan yang dapat digunakan dalam sistem ini. Seperti sapi Madorese, Angol, Bali, Limousine, dan Brahma. Sapi jenis ini memiliki kerangka yang besar dan memiliki daging yang padat, sehingga sangat tepat bila digunakan dalam sistem penggemukan. Dengan memaksimalkan komposisi formula daging sapi pada sapi-sapi tersebut.

Pemberian pakan ternak untuk usaha penggemukan – Foto: beefcentral.com

Sapi yang diberi pakan cukup untuk bekerja dengan cara digemukkan, berumur antara 2 sampai 2,5 tahun, berjenis kelamin jantan. Hal yang harus diperhatikan secara fisik saat memilih feeder adalah jangan memilih sapi yang sudah berlemak (lemak maksimal), dan memilih sapi yang kurus tapi sehat, nafsu makannya besar, tulangnya besar menonjol, dan rambut terlihat lembut, tidak kusam di mata. Kelihatannya mengkilat (menandakan sapi dalam keadaan sehat) dan kotoran alami tidak diare.

3. Rasum merupakan pakan ternak khusus untuk penggemukan ternak

Pemberian daftar pakan ternak berkualitas tinggi akan berdampak positif pada kualitas pertambahan bobot daging yang dihasilkan. Yang harus Anda ingat adalah pakan ternak merupakan sarana produksi terpenting dalam menunjang keberhasilan usaha penggemukan ternak.

Untuk jenis pakan sapi yang dapat digunakan antara lain hijauan dan konsentrat. Pakan tersebut dinilai paling murah, namun jika Anda hanya mengandalkan pakan untuk usaha penggemukan ternak Anda, hasilnya kurang optimal.

Itu diberi makan dengan campuran pakan pekat dan pakan ternak

Cara yang paling efektif dan cepat untuk menggemukkan sapi adalah dengan memberikan pakan campuran dan pakan terkonsentrasi. Adapun jenis konsentrat yang bisa Anda sediakan, seperti ampas tahu, ampas kedelai, ampas tebu, singkong, dan polikarbonat.

Baca: Tips membuat pakan penggemukan sapi

Hal-hal yang perlu diperhatikan saat pemfokusan harus dilakukan terlebih dahulu sebelum memberi makan. Hal ini bertujuan untuk mengaktifkan mikroba rumen, sehingga pada saat ternak diberi pakan mikroba tersebut aktif untuk mengurai sistem pencernaan sapi. Sehingga nutrisi dalam pakan dapat dicerna dengan baik dan dapat mendorong pembentukan daging dengan cepat.

4. Penyakit kambuh pada penggemukan ternak

Upaya mencegah dan menjaga kesehatan ternak juga penting bagi Anda. Salah satunya dengan menjaga sanitasi dan kebersihan kandang. Sadarilah bahwa bisnis penggemukan sangat erat kaitannya dengan konsumen, maka jangan sampai kesehatan ternak membuat Anda kehilangan pasar sapi.

Rawat kandang agar selalu bersih dan kering

Yang harus Anda lakukan adalah memvaksinasi ternak saat pertama kali ternak tiba di peternakan Anda. Langkah yang harus dilakukan adalah dengan memasukkan sapi ke dalam kandang karantina terlebih dahulu, jauh dari ternak lain. Cuci sapi hingga bersih, lalu jemur hingga kering. Dalam prosesnya, ternak harus berpuasa (tidak makan), kemudian melakukan vaksinasi obat antraks dan anthelmintik. Sedangkan karat, pantau perkembangan sapinya, jika sapi tampak dalam keadaan sehat, maka masukkan kandang penggemukan khusus yang telah Anda siapkan.

Inilah empat prinsip penting dalam menyiapkan metode penggemukan yang harus Anda ketahui sebelum mengelola perdagangan ternak melalui penggemukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *