Tips sederhana seputar budidaya alpukat miki dan peluang bisnisnya

Tips sederhana seputar budidaya alpukat miki dan peluang bisnisnya

Siapa yang tidak kenal alpukat? Anda pasti penggemar buah ini. Alpukat merupakan tanaman buah yang berasal dari Meksiko dan Amerika Tengah. Alpukat sering digunakan sebagai campuran camilan dingin. Baik itu dicampur dengan es atau es krim buah. Alpukat saat ini ditanam di banyak negara. Salah satunya adalah Indonesia. Bagaimana dengan alpukat miki? Apakah Anda sudah tahu tentang buah alpukat ini?

Mentega Alpukat / Mickey

Dulu, alpukat sering dikenal sebagai tanaman tahunan dengan masa berbuah yang sangat lama. Alpukat akan berbuah sekitar 7 tahun setelah tanam. Namun, kini muncul varietas baru alpukat. Yakni, alpukat mickey. Alpukat jenis ini memiliki masa berbuah lebih pendek, sekitar 3-4 tahun. Selain manfaat cepat berbuah, alpukat miki tahan terhadap serangan ulat bulu dan memiliki tekstur yang tebal dan bebas serat. Tanaman Alpukat Miki ini cocok sebagai tanaman pertanian atau pekarangan rumah.

Manfaat buah alpukat: Manfaat buah alpukat untuk ibu hamil. Baca disini …

Alpukat miki adalah salah satu varietas alpukat dataran rendah premium. Alpukat miki ini dikembangkan oleh Pusat Kajian Buah Tropis IPB. Penelitian tersebut dilakukan oleh Dr. Sober dengan bantuan beberapa temannya. Alpukat ini memiliki sifat awal. Ukuran buahnya besar dengan berat 400-600 gram per buah. Munculnya daging buah alpukat berwarna kuning tebal. Rasanya manis, bebas asam. Alpukat ini dibenci oleh hama tanaman. Pasalnya, kulit buahnya sulit dan sulit ditembus hama.

Biji alpukat mentega Miki

Alpukat maki ini sangat mudah ditanam. Hal pertama yang harus Anda pikirkan adalah bijinya. Biji alpukat bisa anda dapatkan dengan cara okulasi. Okulasi merupakan cara terbaik untuk mendapatkan bibit yang memiliki sifat yang sama persis dengan induknya. Proses okulasi dilakukan dengan okulasi kuncup alpukat miki dengan kuncup biji alpukat jenis lain. Pencangkokan bisa dilakukan saat tunas berumur 2 bulan atau tingginya sekitar 50 cm. Atau bisa juga dengan teknik okulasi.

Hubungkan Pucuk

Perbanyakan alpukat: teknik okulasi untuk menanam alpukat.

Menumbuhkan miki alpukat

Ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan sebelum menanam alpukat. Salah satunya tentang di mana tanaman alpukat tumbuh. Alpukat miki sangat cocok ditanam di daerah dataran tinggi. Ini memiliki ketinggian maksimum sekitar 1500 meter di atas permukaan laut. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah pemupukan saat tanaman ini masih muda. Tanaman alpukat yang masih muda perlu dibuahi dengan menggunakan daun yang berguguran atau bisa juga menggunakan kompos agar pertumbuhannya lebih cepat. Pertumbuhan yang cepat juga akan mempercepat kemungkinan tanaman alpukat akan berbuah.

Jika Anda memiliki 1 hektar, Anda bisa menanam kurang lebih 800-1000 pohon alpukat. Itu tergantung pada jarak yang Anda pilih. Jarak tanam tanaman alpukat biasanya berkisar antara 2 x 2 m, 3 x 3 m, 5 x 5 m, hingga 10 x 10 m.

Untuk menghasilkan buah dengan kualitas yang baik, Anda harus memperhatikan pemupukan yang cukup, air yang cukup, drainase yang baik, dan penanganan hasil panen sangat menentukan hasil. Anda bisa melihat khasiat baik buah ini dari kulitnya yang tidak retak dan tidak mengeluarkan getah yang muncul saat buah gugur saat panen. Dalam satu tahun, pohon alpukat miki bisa menghasilkan 100 hingga 500 buah. Mickey Avocado dijual dalam beberapa grade. Itu tergantung pada setiap penanam.

Biji alpukat

Cara merawat tanaman alpukat mickey

Ada beberapa tips dalam mengawetkan alpukat miki. Antara lain penyiangan, pembajakan tanah, penyiraman, pemangkasan dan pemupukan. Lima tips di atas akan kami jelaskan.

Penyiangan merupakan hal yang perlu sering dilakukan, karena gulma merupakan pesaing dalam memperebutkan fitonutrien. Gulma juga dapat menjadi inang penyakit dan hama. Gulma secara teratur.
Tanah harus sering dikendurkan karena tanah yang Anda sirami setiap hari lambat laun akan menjadi padat dan sedikit udara di dalamnya, sehingga akar tanaman akan tersumbat dalam menyerap unsur hara yang ada di dalam tanah. Untuk menghindarinya, perlu dilakukan pengosongan tanah di sekitar tanaman. Lakukan ini secara perlahan agar akar tanaman tidak putus.
Penyiraman sebaiknya dilakukan setiap hari. Apalagi bibit tanaman baru membutuhkan banyak air untuk tumbuh. Cara terbaik adalah menyirami tanaman alpukat di pagi dan sore hari. Jika hujan turun, tidak perlu irigasi.
Pemangkasan tanaman perlu dilakukan pada cabang yang pertumbuhannya terlalu sempit atau cabang mati. Pangkas secara perlahan, agar luka saat pemangkasan tidak menyebabkan infeksi. Kami merekomendasikan untuk menutupi luka pemangkasan dan menggunakan fungisida.
Pemupukan harus dilakukan secara teratur. Sistem perakaran tanaman alpukat miki, terutama bulu akar sangat jarang dan pertumbuhan akar kurang meluas. Kemudian pemberian pupuk harus terus menerus dalam dosis kecil. Jumlah pupuk yang Anda berikan sangat bergantung pada umur tanaman alpukat. Jika program pemupukan secara rutin tahunan maka pupuk yang digunakan adalah urea (45%), natrium fosfat (50%), dan kalium (60%). Untuk tanaman yang masih muda (umur 1-4 tahun), formula pupuknya adalah urea 0,27 – 1,1 kg / pohon, TSP 0,5 – 1 kg / pohon, dan KCL 0,2 – 0,83 kg / pohon. Pohon. Sedangkan untuk tanaman dengan umur produksi sekitar 3-4 tahun diberikan urea 2,22 – 3,55 kg / pohon, TSP 3,2 kg / pohon, dan KCL 4 kg / pohon. Pemupukan sebaiknya diberikan 4 kali setahun. Agar pemupukan lebih efisien, kompos sebaiknya diletakkan di dekat akar. Caranya dengan menanam kompos ke dalam lubang. Lubang sedalam 30-40 cm. Lubang dibuat tepat di bawah tepi kanopi tanaman berbentuk bulat.
Teknik pemupukan alpukat

Alpukat miki sangat mudah ditanam. Tetapi Anda harus melakukannya dengan sangat keras untuk mencapai hasil yang diinginkan.

4 thoughts on “Tips sederhana seputar budidaya alpukat miki dan peluang bisnisnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *