Ini Dia Teknik Dasar Cara Ternak Kelinci Agar Menguntungkan

Ini Dia Teknik Dasar Cara Ternak Kelinci Agar Menguntungkan

Bagi yang ingin belajar beternak kelinci, sebaiknya memahami tahapan dasar cara beternak kelinci sebagai berikut – Siapa yang tidak mengenal hewan kelinci, hewan cantik, cantik dan mengagumkan memiliki banyak penggemar setia. Tidak hanya digunakan sebagai hewan peliharaan tetapi juga sebagai peluang bisnis yang sangat menguntungkan. Salah satu keunggulan beternak kelinci adalah harga jual yang cenderung stabil. Berdasarkan hasil percobaan, kami akan memberikan metode pemeliharaan kelinci dengan hasil yang menguntungkan.

Namun sebelum Anda mengetahui cara beternak kelinci yang benar, ada baiknya Anda memahami alasan mengapa memelihara kelinci merupakan bisnis sampingan yang bisa dibilang sangat menguntungkan.

Tahapan dasar cara beternak kelinci

Alasan untuk mulai memelihara kelinci adalah:

Cara pemeliharaan kelinci tergolong kegiatan pengelolaan hewan yang relatif mudah
Lahan yang digunakan tidak perlu terlalu luas
Modal yang dibutuhkan relatif kecil dan biaya pemeliharaan ternak relatif lebih murah.
Kelinci memiliki daging yang berkualitas tinggi dan rendah lemak
Sumber pakan ternak yang sangat mudah dengan harga murah
Cepat berkembang biak
Produk sampingan yang dihasilkan dapat digunakan

Tahapan awal cara beternak kelinci dengan melihat peluang usaha

Membaca peluang kerja sebelum Anda menjalankan bisnis peternakan sangatlah penting, karena dengan cara ini Anda akan lebih mudah mempelajari cara menyesuaikan kelinci dengan potensi Anda juga. Ada beberapa tujuan dalam memelihara kelinci yang harus Anda perhatikan:

1. Pekerjaan beternak kelinci, prospek daging kelinci cerah. Kelinci memiliki daging yang enak dan gurih. Kaya protein dan rendah lemak. Kebutuhan daging kelinci semakin meningkat sekarang. Dalam hal ini, jika ingin memenuhi daging untuk dikonsumsi, maka metode pemeliharaan kelinci dilakukan dengan memilih jenis kelinci seperti kelinci Rex, kelinci Flemish Giant, dan kelinci Satin.

Baca lengkap: Metode pengembangbiakan kelinci akurat, cepat, dan lengkap

2. Memproduksi kelinci dan beternak kelinci, salah satu kelebihan kelinci yang harus anda ketahui adalah hewan ini mempunyai rahim lebih dari satu sehingga bisa menghasilkan anakan lebih dari satu. Kelinci memiliki kemampuan untuk berkembang biak dengan cepat atau Anda dapat menyebutnya sebagai hewan berkarakter samping. Dalam satu tahun, kelinci bisa melahirkan kurang lebih sebanyak lima kali. Jika Anda ingin mensuplai bibit kelinci, Anda dapat melakukannya dengan memilih induk kelinci berkualitas tinggi yang masih usia produktif.

3. Hewan Peliharaan Kelinci peliharaan atau kelinci peliharaan, selain sebagai hewan ternak, salah satu bidang usaha yang bisa Anda manfaatkan adalah menyasar hobby yang menyukai keunikan kelinci peliharaan. Dengan bentuknya yang lucu dan menggemaskan menjadi daya tarik tersendiri dari kelinci ini. Cara beternak kelinci dapat dilakukan dengan memilih jenis kelinci dengan bulu lebat seperti lop, angora, lion, Holland dwarf, polished, dll.

Jika Anda mengincar bisnis kelinci hias, jangan ragu dan khawatir yang perlu Anda pertimbangkan untuk mulai membuat kelinci hias bukanlah kuantitas melainkan kualitasnya. Misalnya, kualitas rambut selalu terjaga kebersihannya. Dengan cara ini, pecinta kelinci tidak akan ragu untuk merogoh kocek dalam-dalam untuk kelinci dengan pola bulu yang unik dan bulu berkualitas tinggi yang didukung oleh kesehatan kelinci yang prima.

Tahapan pengenalan dasar metode pemuliaan kelinci

Setelah Anda menentukan target pasar, ada beberapa hal penting yang juga perlu Anda pahami dalam pemeliharaan kelinci secara umum. Berikut beberapa tip dasar tentang cara memelihara kelinci:

Cara kelinci mengambil hewan ternak seperti hewan ternak lainnya. Anda harus memberikan cinta dan kelembutan pada hewan ternak. Karena pada prinsipnya suatu metode penangkaran kelinci bisa berhasil jika Anda tidak hanya mencari profit tetapi harus diimbangi dengan kepekaan Anda terhadap ternak.
Rajin – rajinlah membersihkan kandang, wadah pakan dan minum secara teratur
Berikan air dan pakan yang cukup sesuai dengan kebutuhan kelinci tersebut.
Coba sesuaikan waktu kawin kelinci Anda di pagi hari. Cara pemeliharaan kelinci dengan cara menjaga waktu kawinnya sangatlah penting, karena untuk mengurangi timbulnya kesuburan akibat obesitas. Menikah berarti melihat kondisi kelinci. Apakah dia dalam keadaan nafsu atau tidak.
Jika sudah memasuki usia kawin 15 hari, sebaiknya segera periksa perut kelinci dan berikan pijatan / pijatan ringan secara perlahan.
Hal terpenting adalah cara memelihara kelinci dengan cara menjaga suhu kandang kelinci tetap sejuk, tidak lembab.

Tahap cara menjalankan kelinci untuk ternak

Cara beternak kelinci dilakukan dengan memperhatikan 5 hal yang menjadi komponen utama dalam menjalankan usaha yang meliputi: penentuan / penentuan lokasi, pemilihan bibit, pakan ternak, penentuan tahap produksi dan persiapan kandang.

1. Pilih situs

Hal yang perlu diperhatikan dalam cara kelinci dianggap sebagai hewan ternak adalah faktor pemilihan lokasi. Pemilihan lokasi sangat mempengaruhi hasil yang optimal. Berikut beberapa tip dalam memilih tempat penangkaran kelinci yang baik:

Sebaiknya pilih lokasi ternak di dekat sumber pakan. Misalnya soal areal pertanian atau pasar.
Untuk cara beternak kelinci yang baik, sebaiknya memilih tempat dengan suhu antara 15-25 ° C
Tempat ternak harus aman dari predator dan pencuri

2. Seleksi benih

Cara beternak kelinci juga perlu memperhatikan kualitas benih yang akan digunakan, karena sangat mempengaruhi anakan yang akan dihasilkan. Saat memilih benih, Anda harus memperhatikan:

Pemilihan kawanan pemijahan harus sehat dan sehat. Dan Anda harus tahu asal muasal kualitas ras. Misalnya dengan mengetahui tingkat produksi sebelumnya (seperti jumlah anak dalam satu kali kelahiran, kekuatan tumbuh kembang, dan riwayat reproduksi sebelumnya).
Idealnya, kelinci betina memiliki lebih dari 8 puting. Jika Anda ingin cara mengelola ternak kelinci dengan baik, Anda harus jeli dalam memilih bibit kelinci.
Pilih ras yang sangat gesit, tidak mudah tegang, dan memiliki cukup bulu untuk membentuk sarang.
Ibu harus sehat jasmani dan rohani. Anda bisa melihatnya dengan mata berbinar, telinga tegak, dan bulunya bersih dan tidak kusut.

3. Memberi makan kelinci

Pakan kelinci memiliki banyak jenis. Jadi Anda tidak perlu bingung untuk memberi makan kelinci. Perhatikan juga kondisi pasak sebelum memberikannya kepada kelinci Anda. Referensi penyajian adalah formula terkonsentrasi 50g yang diberikan selama masa pertumbuhan dan penggemukan. Formula konsentrasi 70g untuk ibu hamil, 150-200g untuk ibu menyusui. Selain itu, metode peternakan kelinci wajib bagi Anda untuk menyediakan hijauan dan rumput dengan adlibitum atau tidak terbatas.

4. Jangka waktu reproduksi

Ada beberapa tips dan trik agar peternakan kelinci Anda bisa berkembang biak dengan baik.

Umur ideal untuk memelihara kelinci adalah 5-6 bulan
Kelinci yang ideal dinikahkan pada pagi atau sore hari
Gunakan perbandingan 1: 10, artinya 1 jantan kawin 10 betina.
Reproduksi kelinci betina setelah mereka tersebar. Jika kelinci Anda akan digunakan sebagai tempat makan. Kemudian keturunannya akan kawin 7-10 hari setelah lahir. Jika akan digunakan sebagai pengganti keturunan, bisa dikawinkan 40-45 hari setelah lahir.

5. Kandang

Kandang merupakan faktor penting dalam memelihara kelinci. Kandang tersebut berfungsi untuk melindungi kelinci dari pencurian, binatang buas dan cuaca. Dalam penangkaran kelinci dapat dilakukan dengan cara membuat koloni atau sendiri-sendiri. Tidak ada standar baku dalam pembuatan kandang kelinci. Sesuaikan pembuatan kandang kelinci dengan kondisi tanah saat ini. Dan yang terpenting kelinci bisa nyaman dan bisa berkembang biak di kandang yang Anda buat. Secara umum cara beternak kelinci yang benar menggunakan ukuran kandang kelinci adalah 90 x 60 x 60.

Dari berbagai tips cara beternak kelinci yang kami berikan di atas, Anda bisa memanfaatkannya untuk langkah-langkah dasar. Kalaupun nanti ternak Anda menyaksikan kemajuan pesat, Anda bisa berimprovisasi dalam menjalankan bisnis peternakan kelinci. Jika Anda mengalami kesulitan dengan metode beternak kelinci, kami dapat membantu dengan menawarkan beberapa tips dan trik lainnya dengan meninggalkan komentar Anda di kolom bawah artikel ini tentang cara memelihara kelinci.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *