Ini Cara Tau Anda Terdaftar sebagai Penerima BLT UMKM 2021

BESUTNEWS – Pemerintah melalui Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah telah mengucurkan Bantuan Presiden untuk Usaha Kecil Produktif (BPUM) atau BLT UMKM. Program BLT UMKM dicairkan dalam upaya memulihkan perekonomian nasional.

Wakil Menteri Keuangan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, Hanung Harimba Rachman mengatakan, pembayaran telah dilakukan kepada 5,2 juta pelaku UMKM. Nilai Bantuan Kali Ini Rp 1,2 Juta, Sesuai Peraturan Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Nomor 2 Tahun 2021.

Bagaimana caranya Anda tahu terdaftar sebagai penerima atau tidak? Sekretaris BRI Aestika Oryza Gunarto menjelaskan untuk melihat daftar penerima bantuan yang terdaftar atau tidak bisa mengakses halaman e-form BRI.

Halaman yang dimaksud adalah https://eform.bri.co.id/bpum

“Dalam pendistribusiannya, BRI menyalurkan BPUM sesuai data penerima yang diperoleh dari Kementerian Koperasi dan UKM RI,” kata Aestika saat dihubungi, Sabtu (3/4/2021) siang.

Setelah mengakses form BRI elektronik, masukkan nomor e-KTP (NIK) dan isi kode verifikasi dan lanjutkan proses inquiry untuk melihat hasilnya. Jika Anda tidak dapat mengakses halaman e-form BRI, proses update data mungkin sedang berlangsung.

Notifikasi jika terdaftar sebagai penerima BLT UMKM

Ada perbedaan hasil apakah terdaftar sebagai penerima atau tidak.

“Jika bukan penerima BPUM, akan muncul pemberitahuan bahwa nomor eKTP tidak terdaftar sebagai penerima BPUM,” ujarnya. “Jika Anda Terdaftar BPUM, Anda bisa langsung menghubungi kantor cabang BRI terdekat untuk mengetahui waktu / jadwal pencairan,” kata Aestika.

Terkait pencairan, Astika memastikan akan dilaksanakan secara bertahap sesuai dengan tanggal yang ditetapkan. Penerima BPUM dapat hadir sesuai jadwal yang ditentukan dengan membawa KTP.

Saat ini verifikasi penerima BPUM 2021 sudah cukup dengan mengakses halaman eform.bri.co.id/bpum dan belum ada notifikasi melalui SMS.

Cara Cek Anda Penerima BLT UMKM Atau Bukan

Jika ingin Cek masuk tidaknya ke dalam daftar penerima BPUM UMKM, ada sejumlah langkah Cek yang bisa dilakukan. Berikut langkah-langkah Cek BLT UMKM 2021:

  1. Klik halaman https://eform.bri.co.id/bpum
  2. Isi nomor KTP Masukkan jawaban matematis untuk proses verifikasi Klik proses inquiry.
  3. Setelah itu akan muncul notifikasi apakah Anda berhak mendapat BLT atau tidak.

Saat mencoba memasukkan KTP penulis, hasilnya penulis tidak terdaftar sebagai penerima dan kolom informasi berwarna merah. Pernyataan tertulis di halaman formulir elektronik BRI: “Nomor eKTP tidak terdaftar sebagai penerima BPUM”.

contoh bukan penerima BPUM

Sebaliknya jika terdaftar maka uraian kolom akan berwarna hijau berbunyi sebagai berikut: “Nomor eKTP sudah terdaftar sebagai penerima BPUM. ****** Nomor Rekening ***********.

Untuk verifikasi dan pencairan, Silahkan hubungi kantor BRI terdekat yang memiliki eKTP.

Hasil Jika Penerima BPUM

Siapa yang berhak mendapatkan bantuan BPUM?

Peraturan Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2021 mengatur sejumlah ketentuan terkait siapa yang berhak mendapat bantuan dari usaha mikro, kecil, dan menengah. Dalam aturan tersebut disebutkan bahwa BPUM 2021 diberikan kepada pelaku usaha kecil dengan ketentuan sebagai berikut:

  • Tidak pernah menerima BPUM.
  • Telah Menerima dana BPUM pada tahun sebelumnya.

Pengusaha Mikro memperoleh BPUM harus memenuhi persyaratan sebagai berikut:

  • Warga Negara Indonesia
  • memiliki KTP Elektronik
  • Memiliki usaha mikro dibuktikan dengan surat usulan calon penerima BPUM dari pengusul BPUM beserta lampirannya yang merupakan satu kesatuan
  • bukan merupakan satuan ASN atau anggota TNI, Polri atau BUMN atau BMUD

Cara Mendaftar BPUM

Untuk memperoleh bantuan, pelaku UMKM bisa mendaftarkan dirinya atau mengajukan diri ke pengusul yang sudah ditentukan. Pengusul yakni dinas yang membidangi koperasi dan usaha mikro, kecil, dan menengah kabupaten atau kota.

Adapun beberapa dokumen yang harus disiapkan yaitu:

  • Nomor Induk Kependudukan (NIK)
  • Nomor Kartu Keluarga
  • Alamat Tempat Tinggal
  • Bidang Usaha
  • Nomor Telpon

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *