Cara Merawat Anggrek Bulan Dengan 4 Langkah Penting

Siapa di antara kita yang tidak mengenal anggrek bulan? Salah satu bunga asli Indonesia yang terkenal dengan sebutan Butefly Orchid, primadona dengan sendirinya telah menjadi salah satu pecinta bunga.

Betapa tidak, bentuk kelopak bunganya yang lebar namun aneh, dengan varian warna yang berbeda, dari kuning, pink, putih, coklat-merah, merah hingga ungu membuat Anggrek Bulan selalu menjadi favorit para ibu untuk merapikan rumah atau pekarangannya. .

Namun apa jadinya jika kita salah merawat anggrek bulan, bisa jadi primadona itu aneh dan enggan berbunga, kalaupun kelopaknya mekar, kelopaknya layu dan kurang menarik saat memandangnya, karena merawat bulan. anggrek itu seperti kita memperlakukan pasangan kita, sedikit bisa. Kita sangat aneh dan kita tidak ingin menghasilkan bunga yang paling indah, yaitu bunga itu sendiri.

Nah, yuk coba ulas beberapa trik jitu cara merawat Anggrek Bulan agar kita bisa menikmati mekarnya bunga untuk memanjakan mata sekaligus mempercantik ruang tamu atau taman rumah anda. Berikut adalah beberapa langkah awal bagaimana kami menghadapinya:

1. Pilih benih dan rawat

Pertama, kami membeli bibit anggrek muda dari toko bunga terdekat. Biasanya harganya sekitar Rs. 6.500 rupee. 10.000 per pot tergantung umur benih (harga bervariasi menurut toko).

Setelah bibit diperoleh, bibit Anggrek Bulan ditempatkan di Trey (cari di toko perlengkapan pertanian), hal ini dimaksudkan agar memudahkan pemindahan bibit dari tempat teduh ke tempat yang mendapat sinar matahari pagi.

Nah untuk pengobatan tiga bulan pertama, kita bisa menggunakan larutan Gromor (merangsang pertumbuhan vegetatif) 1 sendok teh per liter air bersih yang mengandung PH netral.

Cara pengairannya adalah dengan menggunakan sprinkler dan penyemprotan pada daerah daun dan bukan pada daerah perakaran, karena bunga bulan tentunya berbeda dengan padi yang harus mendapat suplai air yang cukup pada daerah perakaran. Karena bijinya kecil, siram secara rutin setiap tiga hari selama tiga bulan.

Setelah tiga bulan, biasanya akar anggrek mulai muncul bersama, jadi jika sudah demikian, kami segera memindahkannya ke wadah transparan berdiameter 15 cm. Tujuan penggunaan wadah transparan adalah untuk mengontrol perakaran agar tidak terlalu banyak air yang mengakibatkan pembusukan pada akar.

2. Pemupukan dan nutrisi

Sambil memindahkan benih ke wadah transparan, beri pupuk tambahan. Pupuk yang biasa digunakan para penyuka Anggrek Bulan adalah Dekastar ukuran 22 – 6 – 4 sendok teh per pot. Fungsi dekastar adalah menyuburkan tanaman dan mempercepat pertumbuhan tunas, daun dan cabang.

Pupuk susulan ini bisa kita buat dua kali sehari, pukul 06.00 – 08.00 pagi, dan pukul 16.00-18.00 sore. Menghindari kontak dengan akar, penyemprotan pada daun lebih efektif karena daun mampu menyerap nutrisi lebih cepat dari pada akarnya.

Diperlukan waktu sekitar tiga bulan untuk memberikan Dekastar setelah benih dipindahkan ke wadah transparan, atau hingga Anggrek Bulan berumur 6 bulan sejak benih pertama kali diperoleh.

3. Teknologi irigasi

Anggrek bulan adalah tanaman sayuran (kehidupan yang terkait dengan pohon lain), jadi bunga ini tidak terlalu senang dengan air yang melimpah atau bahkan akar yang mandek. Memang jika akarnya kebanjiran, hal ini akan menyebabkan jamur tumbuh dan daun menjadi belang-belang.

Di sinilah pot bening bekerja, jadi meskipun penyemprotan rutin dianjurkan, kita tetap harus berhati-hati agar tidak menenggelamkan akarnya.

Hal inilah yang terkadang salah dialami oleh para penggemar Anggrek Bulan, ketika melihat bunga dengan daun yang keriput atau keriput, pada umumnya mereka meningkatkan intensitas penyiraman karena mereka yakin daun yang keriput tersebut disebabkan oleh anggrek kering.

Sedangkan awal daun keriput adalah perendaman akar, yang pada akhirnya menyebabkan akar tidak dapat melakukan transpirasi dengan baik, yang menyebabkan daun menggulung atau bahkan kuncup membusuk dan banyak tunas yang tumbang.

Nah, jika Anggrek Bulan favorit Anda adalah daunnya yang sudah keriput, cara mengatasinya adalah dengan mengambil Anggrek Bulan dari pot, menggantungnya di pohon lain atau tempat terbuka lainnya, kemudian rutin menyiraminya hanya pada daun yang sudah keriput. . .

Suhu kelembaban di sekitar anggrek bulan juga dapat kita atur agar pertumbuhan bunganya lebih terbuka dan maksimal, dan anggrek bulan biasanya mekar pada suhu 13 ° C hingga 17 ° C pada malam hari, dan 18 ° C hingga 22 ° C. ° C Celcius di siang hari.

Agar udaranya tetap lembap, kamu bisa membuat mangkuk air di sekitar area deretan Moon Anggre Pot. Poin pentingnya adalah penguapan alami terjadi dan kelembaban udara di sekitar anggrek terjaga, dan bunga dapat tumbuh sempurna seperti yang kita harapkan.

4. Intensitas cahaya

Saat di alam liar, habitat asli Anggrek Bulan diasosiasikan dengan pohon besar dan biasanya ditutupi dengan cabang dan cabang pohon yang berasosiasi dengannya. Jadi sebenarnya, kebutuhan penerangan langsung untuk anggrek bulan harus dihindari atau tidak diletakkan di area terbuka.

Bunga jenis ini hanya membutuhkan 20% sampai 30% sinar matahari, jika terlalu banyak sinar matahari yang didapat akan merusak sebagian atau seluruh jaringan Anggrek Bulan itu sendiri. Tandanya biasanya munculnya warna merah kecokelatan pada permukaan daun, seperti warna gosong.

Kekurangan cahaya kurang baik untuk pertumbuhan anggrek bulan, biasanya daunnya layu dan berubah warna menjadi kuning pucat dan lama kelamaan jika tidak dirawat maka daun akan rontok.

Nah cara agar Anggrek Bulan mendapatkan intensitas cahaya yang diinginkan adalah dengan memasang jaring peneduh atau paranet. Kami hanya mencarinya di peternakan, pasti ada beberapa

Atau bila ingin lebih praktis kita tinggal mengasosiasikan Anggrek Bulan kesayangan kita dengan batang pohon besar di sekitar rumah kita. Namun jangan lupa letakkan anggrek menghadap ke timur, karena sinar matahari pagi sangat bermanfaat untuk pertumbuhan bunganya sendiri.

Biasanya setelah berumur 8 bulan, bunga bulan yang kita tunggu akan langsung mekar. Setelah berbunga sempurna, kita bisa meletakkan bunganya di meja tamu untuk mempercantik ruang tamu kita. Semula kita harus menghilangkannya setiap pagi untuk mendapatkan sinar matahari pagi sebagai nutrisi alami untuknya.

Sebenarnya merawat bunga anggrek bulan itu tidak sulit, yang pertama harus kita lakukan adalah mencintainya, karena kalau itu cinta, serumit atau sesulit merawat bunganya yang masih hambar. Apalagi setelah bunganya mulai mekar, Wah langsung lupa betapa lelahnya dia merawatnya karena kelopak matanya begitu memaafkan mata.

Ini adalah ulasan perawatan Anggrek Bulan atau Anggrek Buterfly dari kami, dan kami berharap dapat membantu siapa saja yang ingin menyimpannya. Selamat berkebun

2 thoughts on “Cara Merawat Anggrek Bulan Dengan 4 Langkah Penting

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *