Buah Lengkeng Varietas Baru : Lengkeng Ruby Yang Merah Mencolok

Buah Lengkeng Varietas Baru : Lengkeng Ruby Yang Merah Mencolok

Buah lengkeng masa kini menyerupai smartphone atau gaya rambut yang selalu menonjolkan model dan varietas terbaru. Spesies terbaru dan teranyar adalah kelengkeng merah yang sangat menggoda mata karena warnanya yang merah mencolok. Berbeda dengan lengkeng pada umumnya yang memiliki kulit berwarna coklat.

Buah lengkeng merah disebut lengkeng ruby. Lengkeng rubi biasanya berbuah 6 hingga 8 bulan setelah tanam sejak penanaman pertama pohon lengkeng yang dicangkok.

Ukuran safir jenis lengkeng juga bervariasi, biasanya diameternya antara 1,5 dan 3 cm. Kehadiran lengkeng ruby ?? menambah perbedaan varietas dari varietas lengkeng unggul lainnya yang sudah ada di masyarakat.

Varietas baru buah lengkeng Ruby

Dalam dua tahun terakhir ini terdapat banyak tanaman lengkeng varietas unggul yang memiliki kriteria rasa manis, hasil tinggi, lebih tahan terhadap berbagai hama, penyakit tanaman, dan berukuran besar. Salah satunya adalah Raja Lengkeng.

Bisa dikatakan bentuk lengkeng raja jumbo, bahkan diameter buah lengkeng jenis ini mencapai lebih dari 3 cm. Jauh lebih besar dari varietas buah lengkeng unggulan sebelumnya, seperti Kelengkeng Itoh dan Kelengkeng Sungai Intan yang rata-rata berdiameter hanya 2,5 cm.

Selain ukurannya yang besar, buah lengkeng yang panjang, daging buah yang dimakan juga lebih tebal, bahkan mencapai 75% dari total bobot buah. Kehadiran Raja Lengkeng – di Cina disebut Long Yin – menambah varietas lengkeng unggul yang bisa ditanam di dataran rendah.

Pada pertengahan tahun 2000-an mulai bermunculan varietas lengkeng yang dapat tumbuh dengan baik di dataran rendah, sedangkan sebelum tahun 2000 semua orang sepakat bahwa buah lengkeng hanya tumbuh baik di dataran tinggi. Disebut Intan Sungai Lengkeng atau Pingpong Longan, karena keduanya tumbuh subur meski dibudidayakan di dataran rendah.

Kedua varietas lengkeng ini mampu berbuah kurang dari dua tahun budidaya, dan terus berbuah setelah masa berbuah pertama, meski ditanam di dataran rendah di bawah 300 meter di atas permukaan laut. Merupakan generasi pertama varietas kelengkeng dataran rendah.

Kemudian kemunculan varietas kelengkeng di dataran rendah generasi kedua dibedakan dengan ditemukannya jenis kelengkeng unggulan lainnya yaitu Lengkeng Pwang Ray pada pertengahan tahun 2007. Dengan demikian, varietas lengkeng unggulan seperti Lengkeng Ruby dan Lengkeng Raja Panjang. , termasuk tanaman Kelengkeng generasi ketiga muncul di Dataran Rendah.

Inovasi berkelanjutan varietas baru tanaman lengkeng dalam dunia pertanian Indonesia menjadi keuntungan tersendiri bagi para penjual benih. Bracoso, misalnya, seorang penjual benih dari Demac, mengatakan ada pesanan hingga 10.000 benih tanaman Kelengkeng Kali Intan setiap bulannya. Benih lengkeng ini bukan varietas unggul lainnya.

Rasa dan bentuk buah lengkeng Ruby

Jika buah lengkeng yang dievaluasi berkaitan dengan rasa serta bentuk dan ukuran, maka varietas lengkeng tersebut sangat layak untuk mengisi pasar konsumen buah di Indonesia. Bahkan tingkat kemanisan lengkeng jenis safir atau kelengkeng merah mencapai level Brix 21. Sedangkan manisnya lengkeng raja sangat cocok dengan lidah.

Jika dilihat dari penampilannya, buah lengkeng baru memiliki tampilan kulit yang halus dan mulus sehingga sangat menarik untuk dipandang. Apalagi jika melihat buah lengkeng merah yaitu buah delima kelengkeng, pasti tergoda untuk langsung membelinya saat melihat-lihat buah atau supermarket terdekat.

Potensi Pasar Buah Kelengkeng Ruby

Menurut Caesario Parlindungan, General Manager Carefour, mengatakan penjualan lengkeng Carefour di tahun 2014 mengalami penurunan yang sangat tajam. “Kualitas Thai Lengkeng sudah turun, buahnya kecil-kecil dan rasanya kurang manis,” kata Cesario.

Hal tersebut juga ditunjukkan dengan meningkatnya ketenangan pengunjung di warung buah lengkeng tersebut. “Padahal tahun lalu, setiap kelengkeng datang langsung diserang dan selalu keluar hanya dalam sehari lho,” imbuh Caesario.

Setiap bulan, Carefour memesan suplai buah kelengkeng hingga 18 ton untuk memenuhi kebutuhan 45 toko di Jabodetabek. Selama ini Carrefour telah disuplai buah Lengkeng dari Thailand hingga mencapai 99%, dan sisanya diisi oleh petani Lengkeng dari Jawa Tengah.

Nah, penurunan kualitas buah lengkeng asal Thailand ini merupakan peluang besar bagi Anda para petani lokal. Caesario berjanji, “Selama kami memenuhi standar, kami sangat terbuka untuk pemasok lokal.”

Kriteria pemesanan buah Kelengkeng Standard Carefour adalah:

Diameter buah minimal 2,5 cm
Batang buah lengkeng terlihat segar, tidak layu
Kulit kelengkeng tidak busuk dan tidak lembek
Tingkat kemanisan minimum adalah 15 Brix

Ini adalah kesempatan besar bagi anda yang ingin mulai budidaya kelengkeng, dan juga bagi anda yang sudah lama ingin menyediakan toko grosir besar seperti Carefour. Mari kita buktikan bahwa buah lengkeng lokal tidak kalah manis dan manisnya dengan lengkeng impor.

 

2 thoughts on “Buah Lengkeng Varietas Baru : Lengkeng Ruby Yang Merah Mencolok

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *