8 Resep Mujarab Dari Buah Pinang

8 Resep Mujarab Dari Buah Pinang

Resep Kupas Khasiat Buah Arica – Pohon Arica sering digunakan saat merayakan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia, dan tentunya banyak lomba meriah di desa anda, termasuk Lomba Panjat Arica.

Ternyata khasiat buah pinang tidak sebatas itu saja, buah dengan alias Pinang catechu L ini sudah dikenal sejak lama sebagai obat herbal untuk mengobati berbagai penyakit.

Bentuk pohon pinang kurang lebih sama dengan pohon kelapa dan jenis tanaman palem lainnya, seperti pakis peziarah, kolang kaling, dan banyak spesies Bonnon yang masih berdekatan. Tinggi pohon pinang yang tegak mencapai 20 meter, oleh karena itu pohon pinang digunakan untuk lomba memanjat pinang pada acara bulan Agustus.

Manfaat buah pinang bagi kesehatan manusia tidak lepas dari kandungannya, khususnya banyak senyawa penting seperti Arikolidin, Javasolin, Jurassin, Arikidine, dan masih banyak lagi vitamin yang dibutuhkan tubuh sebagai nutrisi.

Berikut beberapa manfaat kacang pinang bagi kesehatan:

1. Meningkatkan gairah pasangan suami istri

Bagi anda khususnya pasangan suami istri yang sudah lama menikah dan ingin mengembalikan keakraban pasangan anda bisa mencoba makan ramwa berbahan buah pinang.

Cara membuat ramuan ini adalah dengan mengambil buah pinang kecil yang masih belum sulit, kemudian dipotong kecil-kecil dan dimakan langsung.

Atau bila tidak suka rasanya saat memakannya secara langsung, Anda bisa mengolah cara merebus buah pinang yang sudah dihaluskan dalam dua gelas air bersih, lalu rebus hingga tersisa satu gelas, lalu saring dan minum segera setelah dingin.

2. Mempercepat penyembuhan luka luar

Kandungan buah pinang juga efektif untuk mengobati luka luar pada kulit Anda, baik luka yang disebabkan oleh benda tajam seperti goresan pisau maupun goresan karena terjatuh dari sepeda motor dan bagian lain.

Untuk memperoleh manfaat buah pinang sebagai penyembuh luka luar. Caranya cukup dengan menggiling buah pinang kecil lalu mengoleskannya pada goresan di kulit Anda. Sirih juga telah terbukti menghentikan pendarahan dari goresan ini.

3. Manfaat buah pinang sebagai obat alami cacingan

Jika anak Anda kurang nafsu makan, dan tubuhnya yang ramping tampak kurang kuat, bayi Anda mungkin terkena cacingan. Jangan terburu-buru pergi ke apotek untuk membeli obat kimia untuk pengobatan cacingan, tanyakan dulu resep nenek moyang berikut ini:

Ambil 1 buah pinang kecil, jahe seukuran jari, dan kunyit. Rebus semua bahan baku tersebut dengan 4 gelas air hingga hanya tersisa 2 gelas. Setelah dingin, minum kepada anak setiap pagi dan sore hari hingga cacingnya hilang di perut anak. Khasiat buah pinang mungil cukup ampuh untuk memerangi cacingan.

4. Menguatkan gigi dan gusi Anda

Manfaat buah pinang yang kurang penting adalah untuk menguatkan gigi dan gusi. Caranya sangat mudah, ambil beberapa buah pinang kecil, potong kecil-kecil, dan kunyah perlahan.

Oleh karena itu tidak heran jika nenek-nenek desa yang ingin “menghabiskan waktu” biasanya memiliki gigi yang kuat dan ompong karena susah payah makan buah pinang.

5. Memperketat anggota kewanitaan

Manfaat buah pinang bagi wanita terutama setelah melahirkan adalah mengembalikan kekenyalan tubuh kewanitaan anda agar kembali normal setelah melahirkan.

Untuk mendapatkan khasiat kacang arica, cukup merebus buah pinang, makan kanji, dan diminum setiap pagi setelah melahirkan. Organ seksual Anda akan segera kembali normal, dan rasa cinta Anda kepada pasangan tentunya meningkat.

6. Mengatasi nyeri punggung bawah

Manfaat buah arica selanjutnya adalah untuk mengatasi masalah sakit pinggang khususnya bagi yang sudah berusia paruh baya, dan serangan sakit punggung dan nyeri sendi sering datang.

Untuk mendapatkan khasiat tersebut, Anda hanya perlu mengambil sebagian daun arika, haluskan dengan baik lalu tempelkan ke pinggang atau bagian tubuh yang sakit.

7. Mengatasi telinga tersumbat

Manfaat buah pinang selanjutnya adalah untuk mengobati dan mengobati telinga nanah. Namun bagian yang digunakan kali ini adalah akar pinang.

Ambil beberapa akar pohon pinang, haluskan dan peras untuk mendapatkan manfaat sari pati. Selanjutnya teteskan 3 tetes di telinga pasien dan hubungkan telinga dengan bola kapas agar air ekstrak akar pinang tidak keluar. Lakukan ini sebelum tidur sampai kondisi pasien membaik.

8. Pengobatan kudis

Manfaat buah pinang juga dapat membantu mengatasi beberapa kondisi kulit, salah satunya kudis. Untuk mengobati penyakit kudis, makan buah pinang parut kecil-kecil.

Selanjutnya, campurkan buah pinang parut dengan setengah sendok teh putih telur dan sedikit air. Setelah diaduk merata, oleskan campuran tersebut pada kulit yang terkena kudis. Manfaat buah pinang dapat menghilangkan jamur pada kulit luar Anda.

Nah ternyata manfaat buah pinang tidak hanya untuk lomba panjat tebing dalam rangka HUT RI saja, namun ternyata dengan banyaknya kandungan bahannya, buah pinang juga memiliki peran dalam mengobati berbagai macam penyakit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *